MAKALAH
PEMASARAN JASA
INFORMASI
Tentang
STRATEGI PEMASARAN
Oleh:
IKA TIRTA SARI
Bp
: 110.086
Dosen pembimbing :
RESTY JAYANTI FAKHLINA
S,SOS. M, HUM
FAKULTAS
ADAB
JURUSAN
INFORMASI PERPUSTAKAAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM
BONJOL PADANG
1433
/ 2012
BAB I
PENDAHULUAN
Stregi
pemasaran adalahStrategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi
perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari
sebuah perusahaan.
Hal ini juga
didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar
yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai
tujuannya. Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya
pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis
justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan
masyarakat.
Pemasaran
menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem
yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai
dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan
kebutuhan pembeli aktual maupun potensial
.dalam
strategi pemasran dibutuhkan tiga hal:
·
Segmentasi
·
Tergeting
·
Positioning
BAB II
PEMBAHASAN
STREGI PEMASARAN
PENGERTIAN STREGI
PEMASARAN
Pemasaran dalam bahasa inggris berarti marketing yaitu
proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan
manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang
manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada
segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya
ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu
misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini
memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya
yang juga mudah dibawa.
1.
SEGMENTASI
Segmentasi pasar artinya membagi
pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan
produ atau marketing mix yang berbeda pula. Segmentasi pasar perlu dilakukan
mengigat didalam suatu pasar terdapat banyak pembeliyang berbeda keinginandan
kebutuhan. Oleh karena itu setiap perbedaan memiliki potensi untuk menjadi
pasar tersendiri.[1]
Segmentasi
pasar juga merupakan point yang sangat penting, karena :
1.
Tidak semua segmen dapat dibidik, mengingat keterbatasan
modal, resources yang ada, sehingga segmentasi pasar yang dipilih, perusahaan
akan mencurahkan kemampuan sumberdaya dan modal yang ada utk mencapai hasil
terbaik.
2.
Akan akan sangat berpengaruh pada langkah selanjutnya.
Misalnya jika yang dibidik adalah segmentasi kelas ekonomi atas, maka akan
sangat berbeda, produk, cara promosi, delivery channel yang dilakukan dan lain
sebagainya, dengan jika yang dipilih adalah segmen kelas ekonomi bawah.
Manfaat
yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar.
1.
Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat
mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2. Dapat mendesign produk yang
benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan kampanye dan
periklanan yang paling efektif.
4. Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia
melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan
keuntungan yang lebih besar.
5.
Dapat digunakan untuk
mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi
pasar cukup besar.
Kelemahan-Kelemahan dari Segmentasi
1.
Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses
produksi lebih pendek.
2. Biaya penelitian/ riset pasar akan
bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
3. Biaya promosi akan menjadi lebih
tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing
yang membidik segmen serupa.
Variabel untuk melakukan segmentasi terdiri dari segmentasi
pasar konsumen dan segmentasi pasar industrial. Berikut ini adalah variabel
utama untuk melakukan segmentasi pasar konsumen menurut philip kotler, antara lain:
1.
Segmentasi berdasarkan geografis
Dalam hal ini pasar dapat di
pilah-pilah berdasrkan kebangsaan, provinsi, kotadan sebagainya.
2. Segmentasi berdasarkan demografis
Dalam hal ini pasar terbagi atas
variabel-variabel jenis kelamin, umur, jumlah anggota keluarga,
pendapatan,jabatan pendidikan dan lain-lain.
3. Segmentasi berdasarkan psikografis
Dalam hal ini pasar dipilh-pilh
berdasarkan kelompok-kelompok kelas sosial, gaya hidup.
4. Segmentasi berdasarkan perilaku
terdiri dari:
·
Pengetahuan
·
Sikap[2]
2.
TERGETING
Secara umum pasar tergeting/ pasar
asasarn adalah mengevaluasi keaktifan setiap segmen, kemudian memilih salah
satu dari segmen pasar atau lebih untuk dilayani.menetapkan pasar sasaran
dengan cara mengembangkan ukuran-ukran dan daya tarik segmen dan kemudian
memilih segmen sasarn yang diinginkan. [3]
Di dalam mencapai target pemasaran ada beberapa
tips yang bisa di lakukan.
1. Selalu menambah pengetahuan dari manapun
dan siapun akan produk yangkita tawarkan sehingga sehingga kita bisa memberi pengertian
kepada konsumen, tentang keunggulan produk kita.
2. Tidak bosan belajar dari
siapasaja agar bisa lebih maju.
3. Selalu melebihkan target yang di berikan
kepada kita.misalnya kita diberi target menjual sekitar 100 barangdalam jangka
waktu selama sebulan maka kita harus mencatat bahwa target itu lebih dari seratus.tapi ingat
untuk awal-awal jangan terlalu tinggi dalam melebihkannya. Yang rasionalnya
saja misal 110.
4. Selalu catat dan dipantau perkembangan
penjualannyayang terjadi setiap hari. Minggu ke minggu. Sehingga bila ada
hambatan bisa dengan cepat di tanggulangi.
5. Memantau dan memotifasi pasar yang sudah
ada agar dapat berkembang
6. Selalu mencari peluang pasar baru,ingat
jangan hanya mengandalkan satu dua
sumber pendapatan,kalau dapat sebanyak-banyaknya.[4]
7. Selau menjaga hubungan baik dengan para
pelanggan, mulai dari konsumen langsung, agen sampai dengan
distributor..
8. Perhatikan bulan-bulan “paceklik” bagi
usaha anda, usahakan inovasipenuh jauh hari sebelumnyauntuk mengantisipasinya.
9. Jaga kejujuran kita, kualitas produk dan
pelayanan yang kita berikan.
10. Janga lupa untuk selalu beribadah dan
berdoa serta beramal.
Target pemasaran bisa di capai jika kita
melakukan upaya-upaya tersebut secara konsisten dan terus menerus.
3. POSITIONING
Positioning adalah tindakan perusahaan untuk
merancang produk dan bauran agar dapat diciptakan kesan tertentu diigatan
konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memhami dan menghargai apa
yang dilakukan oleh perusahaan dalam kaitannya dengan para persaingnya.bagi perusahaan tindakan
untuk meneliti atau mengidentifikasiposisi pesaing dan memutuskan untuk
mengambilposisi setara dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam
pasar. Jika posisi perusahaan itu
sendidri dekatdengan pesaing lainya. Peusahaan itu harus menyeleksidan
kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.
Peran Positioning
dalam Strategi Pemasaran
Alasan
dunia sekarang dilanda over komunikasi, terjadi ledakan barang, media, maupun
iklan.akibat pemikiran para prospek menjadi ajang pertempuran. Oleh karena itu,
agar dapat berhasil dalam suatu masyarakat yang over komunikasi, pan kelemahan perusahaan sendiri, tetapi juga kekuatan dan kelemahan
pesaing dalampikiran
prospeknya.itulah
sebabnya, ancangan dasar ‘positioning’tidak lagi sekedar menciptakan sesuatu
yang baru dan berbeda dengan yang lain,tetapi memenfaat dengan cerdik apa yang
ada didalam pikiran dan mengaitkan hubungan-hubunganyang telah ada, hal ini
karena pikiran manusia juga memiliki tempat bagi setipa keping informasiyang
telah dipilihuntukdisimpan.
Strategi Product Postioning
Strategi Product Postioning
1. Penentuan posisi
menurut atribut
ini terjadi bilah suatu perusahaan
memposisikan dengan menonjol atribut
produk yang lebih ungguldibandingpesaingnya,seperti ukuran
, seperti ukuran, lama keberadaanya, dan seterusnya.
2. Penentuan posisi
menurut manfaat
dalam pengertian ini produk di posisikan sebagai pemimpindalam suatu manfaat tertentu
dalam pengertian ini produk di posisikan sebagai pemimpindalam suatu manfaat tertentu
3. Penentuan posisi
menurut penggunaan atau penerapan seperangkat nilai-nilai penggunaan atau
penerapan inilahyang digunakan sebagai unsuryang ditonjolkan dibandingkan
dengan pesaingnya.
4.
Penentuan posisi menurut pemakai
ini berarti memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk sejumlah kelompok pemakai. Dengan kata lain pasar sasaran lebih ditujukan pada sebuah atau lebihkomunitas,baik dalam aarti sempit maupun dalam arti luas..
ini berarti memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk sejumlah kelompok pemakai. Dengan kata lain pasar sasaran lebih ditujukan pada sebuah atau lebihkomunitas,baik dalam aarti sempit maupun dalam arti luas..
5. Penentuan posisi
menurut pesaing
disini produk secara keseluruhan menonjol nama mereknya secara uth dan diposisikan lebih baik dari pada pesaing.
disini produk secara keseluruhan menonjol nama mereknya secara uth dan diposisikan lebih baik dari pada pesaing.
6. Penentuan posisi
menurut kategori produk.
Disini produk
diposisikan sebagai pemimipindalam suatu kategori produk.
7.
Penentuan posisi harga atau kualitas
disisni produk diposisikan sebagai menawarkan nilai terbaik.
disisni produk diposisikan sebagai menawarkan nilai terbaik.
Memilih dan melaksanakan strategi
penentuan posisi pasar.
1.
Identifikasi
keunggulan kompetitif yang mungkin memberikan nilai yang terbesar dengan cara
mengadakan perbedaan, yaitu:
·
Differensiasi
produk
·
Differensiasi
jasa
·
Differensiasi
personil
·
Differensiasi
citra
2.
Memilih
keunggulan kompetitif yang tepat.
·
Berapa
banyak perbedaan dipromosikan
·
Perbedaan
mana yang dipromosikan
3.
Mewujudkan
dan mengomunikasikan posisi diplih.[5]
DAFTAR PUSTAKA
·
Jokosusilo,2010
strategi pemasaran untuk menghasilkan banyak penjualan (Http://.joko
susilo.com) 12 september 2012.
·
Blokspot,
2009 peran postioning dalam strategi (http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/peran-positioning-dalam-strateg)12 september 2012
·
Kasmir dan jakfar, 2007. Studi kelayakan
bisnis. Jakarta: kencana
·
Buchari alma, 2009.
Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa.
[1] Study kelayakan bisnis., kasmirdan jakfar, 2009,jakarta hlm 47
[2] Manajemen pemasaran dan
pemasaran jasa , buchari alma, 2009., bandunghlm 203-204
[3] Study kelayakan bisnis., kasmirdan jakfar, 2009,jakarta hlm49
[4] Jokosusilo,2010
strategi pemasaran untuk menghasilkan banyak penjualan (Http://.joko susilo.com) 12
september 2012.
No comments:
Post a Comment