TAKTIK PEMASARAN
1. DIFERENSIASI.
Diferensiasi yaitu sebuah
tindakan yang merancang satu set yang terkait, dengan cara membangun strategi
pemasaran di berbagaiaspek peeusahaan.
Kegiatan membangu strategi pemasaran inilah yang mebedakan diferensiasi yang
dilakukan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya..
Diferensiasi menurut lima dimensi
A. diferensiasi produk yang lebih unggul dari
pada pesaing.tentu akan mendatangkan konsumen yang lebih banyak, jadi
perusahaan harus bisa mengelolah produknya. Sehingga bisa unggul dari
pesaingnya tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak agar bisa mendapatkan
keuntungan yang lebih besar.
B. Diferensiasi pelayanan, jika produk
tersebut tidak mungkin untuk diperbaiki, maka langkah lain yang di tempu
perusahaan adalah dengan dengan memperbaiki
pelayanan yang bisa menambah nilai positif, serta meningkatkan kualitas
dari berbagai hal misalnya dalam segi pemeliharaan, perbaikan produk ,
pengiriman dan lain-lain.
C. Diferensiasi personil, memilki karyawan
yang baik, serta memberikan pelatihan, spendidikan secara intensif, maka
peusahaandapat memperoleh keunggulan kompetitif dari pada pesainganya, adapun
personil atau karyawan yang terlatih denganmaka mereka akan menunjukan enam
karakterrstik yaitu:
·
Kemampuan
·
Kesopanan
·
Kredibilitas
(dapat dipercaya)
·
Dapat
diandalkan
·
Cepat
·
Tanggap
dan komunitif
D. Diferensiasi saluran ,agar perusahaan
tidak kalah dengan para pesaingnya maaka perusahaan harus membentuk saluran
atau jaringan dengan ini dapat mempermudah dalam berinteraksi.
E. Diferensiasi citra , perusahaan dalam hal
ini dituntut untuk membentuk sebuah citra, meskipun barang yang sama akan
tetapi produk tersebut mempunyai citra
yang baik, maka konsuman akan tetap membeli produk tersebut. Citra yang efektif akan melakukan tiga hal terhadap produknya,
yang baik, maka konsuman akan tetap membeli produk tersebut. Citra yang efektif akan melakukan tiga hal terhadap produknya,
·
Menyampaikan
satu pesan tunggal yang memantapkan karakter yang berbeda dengan para pesaingnya.
·
Menyampaikan
pesan ini dengan cara yang berbeda dari pada pesaingnya.
2.
MARKETING
MIX
Marketing
mix merupakan strategi mencampur kegiatn-kegiatan marketing agar di cari
kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan.ada empat
komponen yang tercangkup dalam kegiatan marketing mix ini yang terkenal dengan 4p yaitu:
A. Product
B. Price
C. Place/
distribusion
D. Promotion[2]
1. Product
Merupakan titik sentral
dari kegiatan marketing. Product ini dapat berupa barang dan jasa.jika tidak ad
product , tidak ada pemindahan hak milik maka tidak ada marketing[3].
Dan juga produk ini merupakan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen.
a) Produk
dapat berupa barang (benda berwujud)seperti:
·
Buku
·
Meja
·
Kursi
·
Rumah
·
Dan lain-lain
b) Produk
berupa jasa (tidak berwujud)
·
Dokter
·
Jas perbankan
·
Jasa perhotelan[4]
Faktor-faktor
yang mempengaruhi kesempatan atau peluang bagi produk baru adalah:
1. Perubahan
ekonomi
2. Perubahan
sosial budaya
3. Perubahan politik dan
4. Perubahan
teknologi
Strategi
yang perlu dikembangkan dalam produk adalah
1. Stratgi
memberi merk
Strategi ini tentu dipikirkan secara
matang, apa akibatnya jika merk dari supermarket itu semangkin terkenal. Bagi
produsen mungkin tidak menimbulkan persoalan sepanjang supermarket itu masih
memesan barang produsen yang bersangkutan. Namun akan menimbulkan kesulitan apabilah
supermarket tidak lagi membeli, atau membuat pabrik sendiri.
2. Strategi
pembungkus
Strategi pembungkus ini, perlu
dipehatikan kemungkinan perubahan pembungkus, kapan harus diubah, dan
kemungkinan pengaruhnya terhadap penjualan.
3. Strategi
tranding Up dan tranding Down
Tranding Up artinya perusahaan membuat
produk baruyang harganya tinggi dan akan meningkatkan prastise bagi para
pembelinya, disamping produk yang sudah ada yang harganya murah, dan kurang
mementingkan prestise.
Tranding Down artinya membuat produk
baru yang harganya rendah, disamping produk lama yang harganya tinggi.[5]
2. Price/
harga
Harga merupakan salah satu aspek penting
dalam kegiatan merketing mix. Harga adalah sejumlah uang yang diserahkan dalam
pertukaran untuk mendapatkan suatu barang dan jasa.
Langkah-lagkah yang perlu ditempuh dalam
menetapkan harga yang tepat terhadap suatu produk adalah:
a. Menetukan
tujuan dan penetapan harga.
b. Memperkirakanpermintaan,
biaya dan laba.
c. Memilih
strtegi harga untuk membantu menentukan harga dasar.
d. Menyesuaikan
harga dasar dengan taktik penetapan harga.
Ada
tiga strategi harga dasar dalam penetapan harga.
v Skimming
price
Yaitu
menetapkan harga setinggi-tingginya denga tujuan bahwa produk atau jasa
memiliki kualitas tinggi.
v Penetration
pricing
Adalah
dengan menetapkan harga serendah mungkin dengan tujuan untuk menguasai pasar.
v Status
qou pricing adalah penetapan harga di sesuaikan dengan harga pesaing.
Tujuan
untuk penentuan penetapan harga adalah sebagai berikut:
a. Untuk
bertahan hidup
b. Untuk
maksimalkan laba
c. Untuk
memperbesar market share
d. Mutu
produk
e. Karena
pesaing[6]
3. Place/
distribusion
Penentuan
lokasi dan distribusi beserta saran dan prasarana pendukung merupakan hal yang
sangat penting, sebab konsumen agar lebih mudah menjangkau setiap lokasi yang ada
serta mendistribusikan barang dan jasa.
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam pemilihan dan penentuan lokasi adalah dengan
pertimbangan sebagai berikut:
a. Dekat
dengan kawasan industri.
b. Dekat
dengan lokasi perkantoran.
c. Dekat
dengan lpkasi pasar.
d. Dekat
dengan pusat pemerintahan.
e. Dekat
denganlokasi perumahan masyarakat.
f. Memepertimbangakan
jumlah pesaing yang ada dilokasi.
g. Dan
lain-lain
Faktor-faktor
yang memepengaruhi strategi distribusi adalah:
a. Perimbangan
pembeli atau faktor pasar.
Perusahaan harus mempertimbangkan
jumlah dan frekuensi pembelian.dan juga harus mempertimbangkan sasaran
pelanggan pakah sasarannya pasar konsumen atau pasar industri. Dan lokasi
geografis dan ukuran asar juga penting dipertimbangkan.
b. Karakeristik
produk
Produk yang kompleks, dibuat
khusus, dan mahal cenderung menggunakan saluran distribusi yang pendek dan
langsung. Contohnnya alat kedokteran.
c. Faktor
produsen aatau pertimbangan pengawasan dan keuangan.
Produsen yang memiliki
sumber daya keuangan, manajerial,dan pemasaran yang besar dapat lebih baik
menggunakan saluran langsung.
Suatu saluran distribusi adalah suatu jaringan dari organisai
dan fungsi-fungsiyang menghubungkan produsen kepada konsumen akhir.
4. Promotion
Promosi
ini sangat berkembang pada masa “selling concept”diman produsen sangat
mengandalkan, sangat memberi harapan tinggi akan meningkatnya penjualan dengan
mempergunakan promosi. Produsen sudah melihat jendelah, tidak lagii melihat
kaca. Dengan kata lain produsen sudah memperhatikan produk yang sesuai dengan
keinginan konsumen.
Antar promasi tidak dapat
dipisahkan, mereka ini saling berkaitan satu sama lainuntuk menuju suksenya
pemasaran.disini ada keseimbangan, produk yang baik sesuai dengan selerah
konsumen, dibarengi dengan teknik promosi yang baik maka akan membantu
suksesnya usaha marketing.
Ada
empat macam saran promosi yang dapat digunakan:
a. Periklanan,(advertising)
b. Promosi
penjualan,(sales promotion)
c. Publisitas
(publicity)
d. Penjualan
pribadi, (personal selling)
Disamping
promosi lewat iklan, promosi lainnya bisa dilakukan melalui proses penjualan
atau sales promosion. Tujuan promoasi penjualan adalah untuk meningkatkan atau
untuk meningkatkan jumlah pelanggan.
Promosi penjualan dilakukan untuk menarik pelanggan untuk segera membeli setiap
produk dan jasa yang ditawarkan.
Bagi
perusahaan promosi penjualan dapat dilakukan melalui:
1. Pemberian
harga khususatau potongan harga.
2. Pemberian
undian kepada setiap pelanggan yang membeli dalam jumlah tertentu.
3. Pemberian
cendera mata serta kenang-kanangan kepada konsumen yang loyal.
4. Promosi
dan penjualan lainnya.
Promosi
yang ketiga adalah publisitas. Merupakan kegiatan promosi untuk memancing
konsumen melalui kegiatan seperti pameran,bakti sosial dan lainnya. Kegiatan
publisitas dapat meningkatkan pamor perusahaandiminta para konsumen.
Promosi
yang keempat adalah penjualan pribadi atau personal selling. Dalam dunia
penjualan pribadi secara umum dilakukan oleh salesmen dan salesgirs.
3. SELLING
promosi penjualan yaitu aktivitasi promosi yang terdiri dari kumpulan alat-alat yang bertujuan untuk merangsang konsumen untuk melakukan pembelian promosi penjulan lebih mendukung upaya-upaya promosi dibandingkan dengan periklanan dan penjulan personal.
Beberapa
faktor memberikan kontribusi pada pertumbuhan pesat promosi penjualan, terutama
dalam pasar konsumen. Faktor-faktor internal termasuk hal-hal berikut: Promosi
sekarang lebih diterima oleh manajemen puncak sebagai alat penjualan yang
efektif; semakin banyak manajer produk yang memenuhi syarat untuk menggunakan
alat promosi penjualan; dan manajer produk berada di bawah tekanan keras untuk
meningkatkan penjualan saat ini. Faktor-faktor eksternal mencakup hal-hal
berikut: Jumlah merek yang bertambah; pesaing sering menggunakan promosi;
banyak merek yang terlihat sama; konsumen semakin berorientasi-harga;
perdagangan menuntut lebih banyak tawar-menawar yang diharuskan oleh produsen;
dan efisiensi iklan telah berkurang karena meningkatnya biaya, kekacauan
media, dan hambatan hukum.
Cara-Cara Promosi Penjualan
1. Display
Display yaitu
keinginan membeli sesuatu, yang tidak di dorong oleh seseorang, tetapi di
dorong oleh daya tarik atau oleh penglihatan ataupun oleh perasaan lainnya.
2. Exposition
Exposition
merupakan suatu alat yang ampuh untuk tingkat internasional,
3. Demonstrasi
Demonstrasi
adalah kegiatan yang diperlihatkan pada khalayak ramai yang bertujuan untuk
membentuk konsumen, biasanya memperlihatkan pemakaian produk tersebut.
4. Packaging
Para konsumen
menilai terhadap suatu barang lebih baik dari barang lainnya hanya dengan
melihat kemasan luarnya saja atau melihat pembungkusnya saja walaupun isi dan
kualitasnya sama.
5. Labeling
Merupakan suatu
keterangan atau ciri dari suatu produk. Grade Labeling adalah mencantumkan
keterangan tentang ciri barang. Descriptive labeling adalah penempatan keterangan-keterangan secara terinci,
6. Special Sales
Spesialis sales
ini dapat dilakukan untuk semua barang-barang yang dijual dalam suatu toko, tetapi dapat juga departemen
tertentu dari toko itu. [7]
Daftar
pustaka
·
Kasmir dan jakfar,
2007. Studi kelayakan bisnis. Jakarta: kencana
·
Buchari alma, 2009.
Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa.
·
Jamesgwee,2008 strategi penjualan (http://www.jamesgwee.info/strategi-penjualan)Sabtu
22 september 2012
·
Shvoong, 2011 unsur taktik pemasaran (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2173383-unsur-taktik-pemasaran)
sabtu 22 september 2012.
[1] Shvoong, 2011 unsur taktik
pemasaran (id.shvoong.com/social-sciences/education/2173383-unsur-taktik-pemasaran)
sabtu 22 september 2012
[2]Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa , buchari alma, 2009.,
bandunghlm 205
6 Jamesgwee,2008 strategi penjualan
(http://www.jamesgwee.info/strategi-penjualan)
Sabtu
22 september 2012
No comments:
Post a Comment